Kamis, 18 Maret 2021

KEYWORD : Pengertian, Jenis, Tujuan, Kesalahan Memilih, Cara Memilih, Kriteria, dan Alat Riset

 



Pengertian Keyword

Keyword atau kata kunci adalah kata atau frasa kata yang digunakan oleh pengguna untuk menemukan informasi yang dicari di Google Search. Keyword itu sendiri bisa terdiri dari 1 kata atau lebih. Semakin panjang keyword yang digunakan, maka semakin spesifik keinginan dari pengguna tersebut. Keyword yang digunakan oleh pengguna google menggambarkan keinginan  dan kebutuhan mereka.

Contohnya : Cara membuat mie ayam

 

Jenis Keyword

1.    Informational Keyword

Tipe keyword informational keyword adalah salah satu tipe yang banyak digunakan oleh pengguna. Tipe keyword ini adalah keyword yang berbasis pengetahuan. Karena basisnya pengetahuan, maka biasanya website yang dimunculkan dihalaman 1 Google lebih banyak website yang memiliki jumlah konten yang panjang karena membahas topik secara detail, lengkap dan mendalam. Keyword model ini biasanya ditarget oleh para publisher adsense. Karena volume pencariannya cukup besar. Hanya saja, persaingan keyword model ini relatif ketat dibandingkan yang lain.

 

2.    Transactional Keyword

Transactional keyword adalah keyword yang digunakan untuk mencari produk atau jasa tertentu. Biasanya pengguna yang menggunakan keyword ini sudah memiliki niat untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu. Jika didominasi oleh toko online maupun marketplace, kemungkinan besar keyword ini termasuk pada tipe transactional keyword.

 

3.    Commercial Keyword

Commercial keyword kurang lebih sama dengan transactional keyword, sama-sama digunakan untuk mencari tempat membeli produk maupun jasa. Commercial Keyword adalah keyword yang memiliki nilai komersial. Pengguna yang menggunakan keyword ini cenderung melakukan pembelian.

 

Tujuan Riset Keyword

1.    Menemukan keyword-keyword potensial

2.    Mengetahui volume pencarian

3.    Mengukur kompetisi

 

Kesalahan dalam Memilih Keyword

1.    Hanya melakukan keyword research SEO sekali.

2.    Tidak ingin repot memperbarui dan memperluas daftar kata kunci.

3.    Menargetkan kata kunci yang terlalu populer (kompetitif).

 

Cara Memilih Keyword SEO dan SEM

1.    Cobalah untuk menghindari kata-kata dengan banyak makna.

2.    Cari long-tail keyword atau kata kunci berekor panjang dengan maksud tertentu dan persaingan rendah.

3.    Jangan memilih kata-kata yang terlalu kompetitif jika Anda bukan pemain utama dalam bisnis Anda.

4.    Tanyakan kepada orang-orang di sekitar Anda bagaimana mereka akan mencari situs web Anda untuk membantu menentukan kata kunci untuk SEO, konten, dan PPC.

5.    Rencanakan satu kata kunci target pusat (utama) dan 2-5 kata kunci target terkait per halaman arahan atau postingan blog dalam kampanye Anda.

 

Kriteria Keyword yang Bagus untuk SEO

1.    Memiliki Volume Pencarian

2.    Sesuai dengan Search Intent

3.    Tidak Stuffing

4.    Persaingan Rendah

5.    Menyertakan Keyword Suggestion

 

Alat Riset Keyword yang Sering Digunakan

1.    Ubersuggest

Merupakan alat riset keyword gratisan karena pengguna bisa melakukan riset keyword tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang. Menggunakan tool ini, pengguna bisa mendapatkan informasi ide keyword, volume pencarian, tingkat persaingan serta informasi penting lainnya.

 

2.    Ahrefs

Menggunakan alat ini pengguna bisa mendapatkan banyak sekali informasi. Tidak hanya keyword, tetapi juga yang lain. Seperti backlink, distribusi anchor text dan lain sebagainya. Hanya saja, alat riset keyword yang satu ini terbilang mahal. Harganya sekitar $97 /bulan. Atau pengguna bisa coba trialnya sebesar $7 /minggu.

 

3.    Keyword Revealer

Tool riset keyword ini bisa digunakan sebagai alternatif dari alat riset keyword yang lain. Bisa juga untuk membandingkan hasil riset keywordnya. Saat penulis menerbitkan artikel ini, harga termurah dari Keyword Revealer ini adalah $9.97 /bulan. Sudah include : Daily Searches 25 keyword, Keyword suggestion unlimited, daily evaluations sebanyak 50 dan brainstorming Usage sebanyak 25.

 

4.    Keyword Everywhere

Pada awalnya alat riset keyword ini bisa digunakan secara gratis. Namun, sejak awal Oktober 2019 mereka memutuskan untuk menjadikan sebagai alat riset keyword berbayar. Menggunakan tool riset kata kunci ini pengguna bisa mendapatkan informasi volume pencarian melalui SERPs mesin pencari Google. Tinggal ketikan keyword utamanya, maka extension ini akan memunculkan keyword-keyword terkait dengan keyword yang diketikan. Lengkap dengan volume pencariannya. Harga tool ini mulai dari $10 untuk 10.000 kredit dengan perbandingan 1 kredit = 1 keyword.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar