Kamis, 05 November 2020

KOMPUTER UNTUK BISNIS ONLINE (FREELANCE) : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan contoh (Freelance Blogger)

 


Freelance

Freelance adalah bekerja secara lepas atau bebas yang dilakukan oleh seseorang tanpa terikat kontrak dengan perusahaan atau orang tertentu. Seorang tenaga kerja lepas biasanya disebut dengan freelancer. Menjadi seorang freelancer dapat dilakukan secara full time ataupun part time. Sebagian freelancer menjalankan profesi ini di luar pekerjaan utamanya. Namun, ada banyak juga orang melakoni profesi sebagai pekerja lepas sebagai pekerjaan utamanya. Ada beberapa jenis freelance, yaitu Freelance Blogger, Freelance Designer, Freelance Youtuber, Freelance Programmer, Freelance Conten Writer, dan lainnya.


Kelebihan :

-       Menjadi manager untuk diri sendiri.

-       Bisa bekerja sambil berkumpul dengan keluarga.

-       Mampu mendapatkan penghasilan tak terbatas.

-       Mengatur jadwal libur sendiri.

-       Dapat bekerja dimana saja.

-       Bebas memilih pekerjaan sesuai dengan kemampuan.

-       Tidak ada istilah atasan dan bawahan.

 

Kekurangan :

-       Frekuensi pekerjaan tidak menentu.

-       Tidak mendapatkan asuransi kesehatan.

-       Membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan klien.

-       Tertipu oleh klien.

-       Jam kerja melebihi delapan jam.

-       Harus mengeluarkan modal sendiri.

 

Freelance Blogger

Menjadi Freelance Blogger bisa menghemat biaya (modal laptop, internet, dan mendapat uang), menghemat skill, menghemat waktu. Freelance Blogger mendapatkan uang dengan cara Iklan (Adsense, dan lainnya), Job Review, Event, Conten Placement, Affiliate (E-Commerce, dan lainnya), Kompetesi, dan lain sebagainya.

 

Proses menjadi blogger :

-       Buat blogger

-       Isi konten tulisan

-       Sedikit SEO + pengunjung datang

-       Monetize blog

-       Dapat uang

 

CMS WordPress (Self Hosting)

-       Domain

·      TLD (www.ditanovta.com)

·      Sub domain (www.ditanovta.student.unri.ac.id)

-       Hosting

·      Paket hosting (bulanan, tahunan)

·      Virtual Private Server (VPS)

·      Server Mandiri

 

Isi konten :

-       Niche / topik blog, yaitu blog yang berisi tema tertentu, misalnya blog kesehatan, blog pendidikan, blog kecantikan, blog sepakbola, dan lain sebagainya.

-       Page / halaman web, yaitu halaman yang berisi dokumen atau informasi yang dapat diakses melalui peramban web. Dokumen-dokumen di halaman suatu website ditulis dalam HTML (bahasa marka hypertext) atau XHTML dan diterjemahkan oleh browser website. Halaman suatu website diakses dengan memasukkan alamat URL dan dapat berisi teks, grafik, dan hyperlink ke halaman dan file web lainnya.

-       Riset keyword, yaitu sebuah kata-kata atau kalimat yang digunakan oleh pembaca dalam mendapatkan sebuah informasi dan dapat berupa sebuah kata atau untaian kata yang panjang dalam membantu menemukan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

-       Tulis artikel

-       Publish

 

SEO

-       On Page

Hal-hal yang berhubungan dengan apa yang ada di dalam website.

-       Off Page

Faktor-faktor SEO yang berasal dari luar website. Misalnya, backlinks dari website berkualitas lainnya sosial media, dan kegiatan marketing di luar website.

-       Dapat Trafik Banyak

 

Monetize Blog

Monetize blog adalah mengonversi atau mengubah blog menjadi menghasilkan atau menguntungkan. Umumnya memonetisasi blog berkaitan dengan income atau mendapatkan uang dari blog. Dengan kata lain, blog bukan hanya sebagai penulisan atau ekspresi online namun telah dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan uang. Bisa dengan memasang iklan, job review, content placement, affiliate, kompetisi, acara offline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar