Jumat, 23 Oktober 2020

MEDIA SOSIAL : Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Dampak Negatif

 PENGERTIAN MEDIA SOSIAL



Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan konten secara online. Contohnya blog, wiki, jejaring sosial, forum, dan lainnya.

 

MENURUT PARA AHLI

-       Philip Kotler dan Kevin Keller

Media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.

-       Marjorie Clayman

Media sosial adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

-       Chris Brogan

Media sosial adalah seperangkat alat komunikasi dan kolaborasi baru yang memungkinkan terjadinya berbagai jenis interaksi yang sebelumnya tidak tersedia bagi orang awam.

-       Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien

Media sosial adalah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun dengan dasar-dasar ideologis Web 2.0 yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran dari User Generated Content.

-       Michael Cross

Media sosial adalah sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web.

 

 

MANFAAT MEDIA SOSIAL

-       Sumber informasi tercepat dan terdepan.

-       Solusi untuk menambah wawasan.

-       Sarana bisnis.

-       Media komunikasi online yang efektif.

-       Sumber hiburan.

-       Sarana berbagi.

-       Tempat untuk berekspresi.

-       Tempat untuk menyalurkan hobi.

 

 

JENIS MEDIA SOSIAL

-       Social Network (MySpace, Facebook, dan lainnya)

-       Media Sharing (Instagram, Flickr, dan lainnya)

-       Blog (Blogger, WordPress, dan lainnya)

-       Online Reviews (TripAdvisor, dan lainnya)

-       Forum Diskusi (Kaskus, Brainly, dan lainnya)

-       Social Publishing Platforms (Medium, Tumblr, dan lainnya)

-       Bookmarking Sites (Pinterest, StumbleUpon, dan lainnya)

-       Interest-based Networks (Facebook Groups, dan lainnya)

 

 

DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL

-       Menurunnya tingkat kesehatan, terutama kesehatan mata.

-       Menurunkan produktivitas. Penggunaan media sosial secara berlebihan akan membuat para user enggan untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat sehingga mengakibatkan seseorang lupa bahwa ia mempunyai mimpi yang harus dikejar.

-       Sering terjadi tindak kejahatan, seperti penipuan, pembunuhan, pemerkosaan, penculikan, dan lain sebagainya.

-       Mudahnya akses untuk mendapatkan informasi yang tidak baik, seperti isu-isu negatif, pornografi, dan lain sebagainya.

-       Susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Karna penggunaan media sosial membuat malas para user untuk berkomunikasi dengan dunia nyata.

-       Situs media sosial akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri, mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan disekitar meraka karna terlalu banyak menghabiskan waktu mereka dengan menggunakan internet.

-       Mengakibatkan kecanduan. Media sosial dapat membuat anak-anak dan remaja menjadi candu dan lalai karena tidak bisa membagi waktu karna terlalu asik dengan dunia maya, apabila sudah kecanduan maka mereka lebih mementing hal tersebut daripada keperluan, bahkan rela menyisihkan uang saku jika itu sangat membutuhkan kuota internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar