Senin, 11 November 2019

Bisnis : Pengertian, Fungsi, Model, dan Sumber Pendapatan



Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok organisasi yang melakukan aktivitas penjualan, produksi, distribusi, pembelian, atau pertukaran barang maupun jasa. Bisnis bertujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba.
Secara etimologi, “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Bisnis adalah melakukan atau mengerjakan suatu aktivitas atau pekerjaan yang dapat memberikan atau menghasilkan keuntungan untuk seseorang.
Menurut para ahli :
1.    Brown dan Pretello
Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan atau menciptakan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat dan semua hal yang mengenai berbagai usaha yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta baik mereka mengejar keuntungan ataupun tidak.
2.    Griffin dan Ebert (1996)
Bisnis merupakan sebuah aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para konsumen atau masyarakat.
3.    Hughes dan Kapoor
Bisnis adalah sebuah organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Suatu bisnis atau perusahaan dikatakan berhasil mendapatkan keuntungan atau laba jika total penerimaan pada satu periode lebih besar daripada total biaya yang dikeluarkan.
4.    Allan Afuah (2004)
Bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu atau kelompok yang terorganisasi atau terstruktur untuk menghasilkan dan menjual barang ataupun jasa untuk mendapatkan keuntungan atau laba dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.
5.    Hooper
Bisnis adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks yang biasa dilakukan pada bidang industri, perbankan, transportasi, penjualan, distribusi, dan lain sebagainya

Fungsi bisnis :
1.    Fungsi Produksi
Fungsi produksi adalah fungsi bisnis pada saat produksi dimana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat.
2.    Fungsi Distribusi
Fungsi distribusi adalah fungsi bisnis pada saat distribusi dimana sebuah bisnis menyalurkan atau mendistribusikan suatu barang atau jasa ke lokasi atau wilayah terdekat yang bisa dijangkau atau dicapai oleh para konsumen atau masyarakat.
3.    Fungsi Penjualan
Fungsi penjualan adalah fungsi bisnis pada saat melakukan penjualan atau ketika perusahaan menjualkan barang atau jasanya kepada para konsumen.
4.    Fungsi Pemasaran
Fungsi pemasaran adalah fungsi bisnis pada saat penyimpanan dan pemasaran, dimana barang yang diproduksi pada saat itu kurang bermanfaat bagi para konsumen dan akan dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih memiliki manfaat untuk konsumen atau masyarakat.

Model Bisnis
1.    B2B = Perusahaan > Perusahaan
-       Jual logo
-       Jual website
-       Dan lain sebagainya
2.    B2C = Perusahaan > Konsumen
-       Jual makanan
-       Jual barang
-       Dan lain sebagainya
3.    C2C = Konsumen > Konsumen
-       Jual makanan
-       Jual barang
-       Dan lain sebagainya
4.    B2G = Perusahaan > Pemerintah
5.    C2G = Konsumen > Pemerintah

Model Bisnis Web (Blog)
1.    Trafik
-       Jumlah pengunjung /hari
-       Saran >1000
2.    Peringkat website
-       DA (Domain Autority) > Cek di MOZ
-       PA (Page Autority) > Cek di MOZ

Sumber Pendapatan
1.    Display Ads (eg. Adsense DKK)
2.    Program Affiliasi (E-Commerce DKK)
3.    Jual Produk Sendiri
4.    Job Review
5.    Content Placement
6.    Kompetisi
7.    Event
8.    Dan Lain Sebagainya

Display Ads (Adsense)
Display ads adalah bentuk periklanan yang menampilkan objek visual berupa teks, logo, foto, video, dan lain sebagainya. Cara kerja display ads cukup sederhana, Anda hanya perlu membuat iklan sebelum pada akhirnya ditampilkan pada website-website berdasarkan kriteria penargetan yang Anda tentukan.

Program Afiliasi
Afiliasi adalah cara mendapatkan uang dengan menjual produk dari perusahaan yang menyediakan jasa afiliasi, dengan bergabung sebagai pemasar produk yang biasa disebut dengan affiliate marketers, Anda akan dibayar setelah produk terjual.

Job Review & Content Placement
1.    Blog banyak traffik >100 pengunjung /hari
2.    DA & PA >15 atau saran >20
3.    Informasi kontak tersedia (email)
4.    Buat halaman job review & content placement
5.    Daftar ke marketing agency
6.    Ikut komunitas blog di FB DKK
7.    Rajin posting blog
8.    Tunggu job & banyak berdoa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar