Senin, 21 Oktober 2019

Pengertian, jenis, dan contoh website, media sosial, search engine dan lainnya




WEBSITE

Website adalah suatu dokumen berupa kumpulan halaman web yang saling terhubung dan isinya terdiri dari berbagai informasi berbentuk teks, suara, gambar, video, dan lainnya, dimana semua data tersebut disimpan pada server hosting.

Website Statis

Website statis adalah suatu halaman website yang tampilannya tidak berubah-ubah. Website statis dibentuk menggunakan HTML. Update dilakukan secara manual dan melakukan perubahan terhadap script halaman tersebut.



Website Dinamis

Website dinamis adalah jenis website yang dirancang khusus untuk dapat menampilkan update konten sesering mungkin. Website dinamis dibentuk menggunakan aplikasi tambahan (server side scripting & database) sehingga data dapat diupdate tanpa harus mengubah script.



Pemrograman Web

Pemrograman web adalah pemrograman yang hasilnya (sebuah program) yang menampilkan sebuah informasi melalui internet “tanpa internet program web tersebut tidak akan bisa berjalan”.



Web Browser

Web browser adalah sebuah program yang berfungsi sebagai media untuk membuka berbagai macam halaman situs yang ada di jaringan internet. Contohnya google chrome, mozilla firefox, safari browser, opera browser, internet exporer, dan lainnya.



Domain

Domain Name Server (DNS) adalah sebuah standar teknologi yang mengatur penamaan publik dari sebuah situs website atau sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host. Contohnya www.facebook.com

-       Top Level Domain (.com, .org, dan lainnya)

-       Second Level Domain (ft.unri.ac.id, dan lainnya)


URL

URL adalah alamat sebuah resource yang dapat diakses di internet.

-       Jenis Protokol

-       Alamat IP / Nama Domain

-       Nama File




Download

Beberapa file tidak dapat dibuka di web browser, file akan di download (unduh).



Cara Website Dapat Pengunjung

-          Buka domain melalui web browser

-          Search Engine

-          Link (Rujukan)

-          Media Sosial





SEARCH ENGINE

Mesin pencari atau search engine adalah webiste yang mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh bagian internet. Caranya, masukkan apa yang ingin dicari dan mesin pencari akan memberikan berbagai link ke konten sesuai dengan apa yang dicari.



Submit URL

Sebuah website agar masuk dalam system Search Engine (mesin pencari), URL website perlu kirimkan ke search engine atau istilahnya submit URL.



SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah sebuah program komputer tertentu yang khusus difungsikan untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW) atau news group pada sejumlah jaringan komputer server. Aktivitas ini terbagi menjadi dua, yaitu strategi on-page dan off-page. On-page SEO adalah hal-hal yang berhubungan dengan apa yang ada di dalam website. Off-page SEO adalah faktor-faktor SEO yang berasal dari luar website. Misalnya, backlinks dari website berkualitas lainnya, sosial media, dan kegiatan marketing di luar website.



Keyword (Kata Kunci)

Keyword atau kata kunci adalah kata atau sekumpulan kata atau kalimat yang digunakan oleh anggota market di mesin pencari untuk mencari niche yang diperlukan.



Pengoptimalan Website

-          Struktur Website

-          Theme (Responsive Web Design/RWD)

-          Konten (Konten dengan keyword optimal)

-          Link Building (Backlink)



Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan konten secara online. Contohnya blog, wiki, jejaring sosial, forum, dan lainnya.



Jenis Media Sosial

-          Social Network (MySpace, Facebook, dan lainnya)

-          Media Sharing (Instagram, Flickr, dan lainnya)

-          Blog (Blogger, WordPress, dan lainnya)

-          Online Reviews (TripAdvisor, dan lainnya)

-          Forum Diskusi (Kaskus, Brainly, dan lainnya)

-          Social Publishing Platforms (Medium, Tumblr, dan lainnya)

-          Bookmarking Sites (Pinterest, StumbleUpon, dan lainnya)

-          Interest-based Networks (Facebook Groups, dan lainnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar