Senin, 07 Oktober 2019

INTERNET : Pengertian Internet, Jaringan Komunikasi Data, Internet Service Provider (ISP), dan Web Browser



Internet


Apa itu internet?

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media yang lainnya.



Jaringan Komunikasi Data
Internet membutuhkan :
1.    Jaringan kabel, adalah suatu media transmisi data jaringan yang menggunakan kabel.
2.    Jaringan nirkabel, adalah suatu media transmisi data jaringan yang tidak menggunakan kabel tetapi memerlukan gelombang elektromagnetik.
3.    Satelit, adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain.
4.    Jaringan seluler
-1G
   Generasi pertama atau 1G adalah teknologi handphone yang menggunakan sistem analog. Pertama kali ditemukan pada tahun 1981. Generasi pertama ini menggunakan teknik komunikasi Frequency Division Multiple Access (FDMA).
-2G
   Generasi kedua atau 2G memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan 1G seperti suara lebih jernih, keamanan lebih terjaga, dan kapasitas yang lebih besar. Pertama kali muncul pada tahun 1992. Generasi kedua memiliki fitur CSD sehingga transfer data lebih cepat sekita 14,4 Kbps.
-2,5G
    GPRS (The General Packet Radio Service) atau 2,5G muncul pada tahun 1997 dengan sigap menggantikan CSD yang boros. Secara teori kecepatan GPRS mampu mencapai 100 Kbps.
-3G
   Pertama kali muncul pada tahun 2001. CDMA2000 dan UMTS pada GSM merupakan cikal bakal generasi ketiga (3G) tetapi bukan berarti GPRS telah mati. Justru saat itu mncul EDGE (Enchance Data-rates for GSM Evolution). EDGE memiliki kecepatan dua kali lebih cepat daripada GPRS.
-3,5G
   HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) sering disebut dengan generasi 3,5G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA 480 Kbps.
-4G
   Generasi keempat atau 4G pertama kali dimulai pada tahun 2011. 4G dihadirkan untuk menyediakan jaringan internet dengan kecepatan tinggi, kualitas tinggi, dan kapasitas tinggi kepada pengguna namun tetap menjaga tingkat keamanan, menurunkan biaya layanan suara dan data, multimedia dan internet melalui IP. Kecepatan maksimal 4G adalah 100 Mbps atau 1 Gbps.
-5G
   Generasi kelima atau 5G adalah. generasi berikutnya yang menawarkan kecepatan yang lebih dan koneksi yang jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya. Kecepatan maksimal yang diperkirakan mencapai 35,46 Gbps.



Internet Service Provider (ISP)

Internet Service Provider / Penyelenggara Jasa Internet adalah perusahaan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Contohnya Telkom, Lintas Arta, Indosat.



Layanan Internet

-       E-mail

-       Mailing List

-       E-Commerce

-       E-Banking

-       E-Government

-       E-Learning

-       Chatting

-       Voice Over Internet Protocol (VOIP)

-       Dan lainnya



World Wide Web (WWW)

Layanan internet yang didapatkan oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain.



IP Address

IP Address (Internet Protocol Address) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer. Angka 32 bit digunakan untuk alamat ip address versi IPv4 dan angka bit 128 digunakan untuk alamat ip address versi IPv6.



Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). HTTP request dikirimkan dari browser pengguna ke server HTTP dan kemudian hasilnya adalah sebuah halaman web yang ditampilkan pada browser.



Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah protokol komunikasi dalam jaringan internet yang paling valid dan paling aman. HTTPS akan melindungi integritas serta kerahasiaan antara situs dan komputer pengguna.




Uniform Resource Locator (URL)


Alamat dari sebuah resource yang dapat di akses di internet.

-       Jenis Protokol

-       Alamat IP / Nama Domain

-       Nama File


Domain Name Server (DNS)

Domain Name Server (DNS) adalah sebuah standar teknologi yang mengatur penamaan publik dari sebuah situs website atau sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host. Contohnya www.facebook.com

-       Top Level Domain (.com, .org, dan lainnya)

-       Second Level Domain (ft.unri.ac.id, dan lainnya)



Web Browser

Program yang mengirimkan request ke server HTTP dan menampilkan hasilnya kepada client. Contohnya Mozila Firefox, Opera, Google Chrome, Internet Explorer, dan lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar