Senin, 02 September 2019

Sistem dan Teknologi Informasi : Pengertian Sistem Informasi dan Teknologi Informasi





Sistem dan Teknologi Informasi


Apa itu Sistem Informasi?

 

Sistem Informasi adalah suatu kumpulan komponen yang bertujuan untuk menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu yang bertujuan untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian dalam proses pengendalian pengambilan keputusan juga dalam pengumpulan data, pengelompokan data, penghitungan data, analisa topik masalah, dan penyajian laporan

 

 

Apa itu Teknologi Informasi?

 

Teknologi Informasi adalah seperangkat teknologi yang membantu pekerjaan dan tugas-tugas menggunakan informasi dalam segala bentuknya. Berfungsi untuk menangkap, mengolah, menghasilkan, menyimpan, mencari kembali, dan sebagai transmisi

 

 

 

1. Teknologi Informasi Transportasi

      Teknologi informasi transportasi adalah teknologi yang digunakan dibidang transportasi untuk mengatur lalu lintas, sistem navigasi, mengendalikan transportasi, dan menemukan transportasi melalui aplikasi seperti gojek, grab, dan lainnya.

 

2. E-Commerce

      E-commerce adalah aplikasi yang digunakan untuk menjual, menyebarkan, membeli, memasarkan produk, dan melakukan transaksi pembayaran, seperti jual beli online, internet banking dan sms banking, tv kabel dan internet provider, dan lainnya.

 

3. Marketplace

      Marketplace adalah website atau aplikasi online yang membantu mempromosikan barang dagangan orang lain dan memfasilitasi transaksi uang secara online, seperti shopee, bukalapak, tokopedia, dan lainnya.

 

4. Iklan Baris

      Iklan baris adalah informasi untuk membujuk masyarakat agar tertarik dengan barang yang ditawarkan, biasanya melalui media cetak. Terdiri dari iklan penawaran, iklan pencarian, iklan penjualan, dan iklan lowongan.

 

5. Forum Online

      Forum online adalah website atau aplikasi online yang menyediakan ruang diskusi bagi penggunanya, seperti kaskus, ngobas, dan lainnya.

 

6. Portal Berita Online

      Portal berita online adalah website atau aplikasi online yang menyediakan berita-berita yang merupakan konvergensi dari media cetak dan elektronik. Contohnya, detik.com, kapanlagi.com, dan lainnya.

 

7. Blog

      Blog adalah website online yang bisa menjadi media publikasi, mengasah kemampuan menulis, ladang bisnis dan menghasilkan uang, seperti wordpress, blogspot, dan lainnya.

 

8. Media Online Non Berita

      Media online non berita adalah saluran komunikasi dalam bentuk situs website online yang terfokus pada hal-hal diluar berita. Umumnya, media non pers lebih sering bermain di sektor media sosial. Media tersebut membuat sebuah akun di media sosial kemudian memposting tautan ke situsnya.

 

9. Bimbel Online

      Bimbel online adalah suatu kegiatan bantuan belajar melalui aplikasi online, seperti ruang guru, quipper, dan lainnya. Tujuannya untuk membantu pelajar yang tidak mengerti dengan penjelasan guru disekolahnya, pelajar bisa mengulang materi melalui bimbel online tersebut.

 

10. Layanan Pemesanan Online

        Layanan pemesanan online adalah website atau aplikasi yang menyediakan layanan pemesanan via online, seperti memesan ojek online, memesan makanan, memesan tiket, dan yang lainnya.

 

11. Sosial Media

        Sosial media adalah media online yang digunakan untuk berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, dan berbagai kegiatan lainnya, seperti Instagram, Facebook, yahoo, dan lainnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar