Minggu, 29 September 2019

REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) : Pengertian Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Waterfall Development, Rekayasa Web, dan CMS WordPress





REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Apa itu perangkat lunak?

Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memroses informasi berupa program atau prosedur. Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memroses informasi (O’Brien, 1999).

Apa itu rekayasa perangkat lunak?

Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak untuk mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif.


Waterfall Development

Model waterfall adalah model klasik yang mengusung pengembangan perangkat lunak yang sistematis/sekuensial.  Tahapannya :

1.    Tahap Analisis

Proses pengumpulan kebutuhan secara lengkap untuk dianalisis dan didefinisikan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi oleh program yang akan dibuat, seperti memahami domain permasalahan, tingkah laku, unjuk kerja dan interface (antar muka).

2.    Tahap desain

Proses ini melibatkan 4 atribut sebuah program yaitu struktur data, arsitektur, perangkat lunak, representasi interface, dan detail (algoritma) prosedural.

3.    Tahap Pengkodean

Proses penerjemahan desain ke dalam bentuk bahasa mesin yang dapat dilakukan secara mekanis.

4.    Tahap Pengujian

Proses ini dikerjakan setelah kode dirancangan dan difokuskan pada fungsi dan jumlah kesalahan untuk diperbaiki.

5.    Tahap Pemeliharaan

Penyesuaian atau perubahan yang berkembang seiring dengan adaptasi perangkat lunak dengan kondisi atau situasi sebenarnya setelah disampaikan kepada konsumen atau pelanggan.



Rekayasa Web

Rekayasa web yaitu suatu model rekayasa perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi berbasis web. Menurut Pressman (2005) “rekayasa web adalah suatu proses yang digunakan untuk membuat aplikasi web berkualitas tinggi.”

Alternatif rekayasa web :

-       Programming (HTML, CSS, PHP)

-       Framework CSS (Bootstrap + PHP)

-       Framework PHP (CI, Yii2, Laravel)

-       Framework CSS + PHP

-       CMS (WordPress, Joomla, Drupal)



CMS WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) bersifat open source yang digunakan untuk membuat website. WordPress menjadi software paling mudah untuk membuat website atau blog yang kuat. WordPress terbagi menjadi WordPress.com dan WordPress.org

-       WordPress.com adalah website tanpa biaya, namun memiliki keterbatasan seperti eksistensi yang diikuti wordpress.com, kemudian disk space yang terbatas kapasitasnya, tidak dapat install plugin sendiri, hanya menggunakan tema bawaan, bahkan tidak untuk pasang iklan.

-       WordPress.org adalah website berbayar, bisa memodifikasi blog yang lebih bebas dan fleksibel, bisa memasang plugin, menggunakan tema apa saja, dapat digunakan untuk toko online, dapat dimasukkan iklan, dan modifikasi lainnya.

Kelebihan WordPress :

-       Panel navigasi mudah digunakan dan dimodifikasi

-       Sederhana dan fleksibel

-       Template gratis dan beragam

-       Pengguna paling banyak

-       Memiliki banyak plugin

-       Banyak tutorial

-       Banyak pilihan widget

Fitur WordPress :

-       Manajemen Konten

·      Posting

·      Halaman

·      Komentar

-       Manajemen Tampilan

·      Themes

·      Widgets

·      Menu

·      Themes editor

-       Plugins

-       Manajemen User

Contoh website yang menggunakan WordPress :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar