Rabu, 25 September 2019

Komputasi Pemrograman : Bahasa Pemrograman dan Framework





KOMPUTASI PEMROGRAMAN

BAHASA PEMROGAMAN

Bahasa pemrograman adalah sebuah perintah standar yang digunakan untuk memroses suatu program komputer.

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman :

1.    Pemrograman Web

Pemrograman web adalah proses membuat aplikasi komputer yang dapat digunakan atau ditampilkan dengan bantuan browser. HTML hanya mendeskripsikan bagian tertentu dalam sebuah halaman website, yang isinya harus ditampilkan oleh browser dengan cara tertentu. Contoh hasil pemrograman web, yaitu Gmail, Facebook, Google Maps, Flickr, dan lainnya.

2.    Pemrograman Mobile

Pemrograman mobile adalah pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan java. Contoh hasil pemrograman mobile, yaitu iOS, BB RIM, J2ME, QT Mobile, Symbian, dan Android.

3.    Pemrograman Desktop

Pemrograman desktop adalah pemrograman dengan memanipulasi elemen-elemen visual yang dilakukan pada sebuah PC tunggal yang pengoperasiannya tidak bergantung pada PC lain dalam jaringan maupun web.



FRAMEWORK

Framework adalah sebuah software untuk membuat sebuah aplikasi web yang didalamnya ada berbagai fungsi. Framework harus menggunakan fungsi-fungsi dan variabel yang ada didalam sebuah framework yang digunakan. Terbagi menjadi :

1.    Framework CSS

Framework CSS (Cascading Stlyesheet) adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan sebagai standarisasi tampilan desain sebuah web yang meliputi tema dan layout. CSS sama seperti aplikasi pengolah kata, bedanya CSS digunakan untuk mengubah dan mengatur tampilan dari sebuah web dengan menggunakan HTML maupun XHTML. Contohnya Blue Print CSS, Gumby, Foundation, JQuery UI, Bootstrap, Unsemantic, dan lainnya.

2.    Framework PHP

Framework PHP (Personal Home Page/Hypertext Preprocessor) adalah software yang mempermudah proses pengembangan aplikasi web yang menggunakan PHP dengan memberikan struktur basic untuk membangun sebuah web. Framework PHP membantu untuk mengembangkan sebuah website dengan lebih cepat. Selain itu, framework PHP juga membangun aplikasi yang lebih stabil sehingga tidak perlu melakukan coding yang diulang-ulang. Contohnya Laravel, Yii, Code Igniter, Symfoni, Zend Framework, Cake PHP, Fuel PHP, dan lainnya.

3.    Framework/library JavaScript

Framework/library Java Script adalah bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming Language.  Client Side Programming Language adalah tipe bahasa pemrograman yang pemrosesannya dilakukan oleh client. Aplikasi client merujuk pada web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Untuk menjalankan JavaScript, membutuhkan aplikasi text editor dan web browser.



Contoh Bahasa Pemrograman :

1.    CMS (Content Management System)

CMS atau disebut dengan sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Terdiri dari 2 elemen :

-          CMA (Content Management Application), digunakan untuk mengelola konten dengan mudah, dan biasanya tidak diperlukan pengetahuan khusus dalam bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, Javascript, dan PHP

-          CDA (Content Delivery Application), menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbarui situs web

2.    HTML (Hypertext Markup Language)

HTML merupakan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah halaman web. HTML berguna untuk menampilkan berbagai informasi didalam sebuah penjelajah web internet.

Struktur HTML :

-          Dokumen Informasi

<html></html>

-          Dokumen Header

<head></head>

-          Dokumen Body

<body></body>

Contoh Dokumen HTML :

-          Buka aplikasi notepad

<html>

       <head>

             <title>Kode HTML Baru</title>

         </head>

         <body>

             <p>Hello World</p>

         </body>

</html>

-          Buat folder didalam folder htdocs

-          Simpan fil dengan nama index.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar