Senin, 09 September 2019

Jaringan Komputer : Pengertian Jaringan Komputer, Jaringan Seluler, IP Address, Komunikasi Data, dan ASCII





Jaringan Komputer (Jaringan)

   Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi antara dua atau lebih komputer untuk berbagi data yang dibangun dengan kombinasi hardware dan software.

Jenis-jenis jaringan komputer :
   1. LAN (Local Area Network)
       LAN menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang relatif pendek yang dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi. Ada juga LAN yang menggunakan teknologi jaringan wireless dengan Wi-Fi dan WLAN (Wireless Local Area Network).
   2. MAN (Metropolitan Area Network)
       MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di dalam kota yang sama. MAN menggunakan perangkat khusus dan kabel untuk menghubungkan LAN.
   3. WAN (Wide Area Network)
       WAN adalah sekumpulan LAN yang tersebar secara geografis. WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATM, Frame Relay, dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih jauh.
   4. PAN (Pearson Area Network)
       PAN mencakup wilayah yang lebih kecil, seperti jaringan rumah atau kantor. PAN biasanya digunakan untuk berbagi resource seperti internet atau printer.
   5. CAN (Campus Area Network)
       CAN mirip dengan MAN tetapi hanya terbatas universitas atau akademi. Biasanya untuk kegiatan pendidikan seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lainnya.
   6. Internet
       Internet menghubungkan jutaan perangkat komputasi termasuk PC, Laptop, Workstation, Smartphone, TV, Tablet, Server, CCTV, dan lainnya. Internet terbuka untuk siapa saja sehingga dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.
   7. VPN (Virtual Private Network)
       VPN membuat jalur aman di Internet dan bisa digunakan untuk transmisi data.

Contoh jaringan komputer :
   1. Jaringan Kabel
       Jaringan kabel adalah suatu media transmisi data jaringan yang menggunakan kabel.
   2. Jaringan Nirkabel
       Jaringan nirkabel adalah suatu media transmisi data jaringan yang tidak menggunakan kabel tetapi memerlukan gelombang elektromagnetik.
   3. Satelit
       Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain.
   4. Bluetooth
       Bluetooth adalah suatu peralatan media komunikasi untuk mengubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya. Umumnya digunakan pada handphone, komputer, tablet, dan lainnya.
   5. Infared
       Infared adalah suatu jaringan yang menggunakan sinar untuk memancarkan sinyal.


Jaringan Seluler
-1G
   Generasi pertama atau 1G adalah teknologi handphone yang menggunakan sistem analog. Pertama kali ditemukan pada tahun 1981. Generasi pertama ini menggunakan teknik komunikasi Frequency Division Multiple Access (FDMA).
-2G
   Generasi kedua atau 2G memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan 1G seperti suara lebih jernih, keamanan lebih terjaga, dan kapasitas yang lebih besar. Pertama kali muncul pada tahun 1992. Generasi kedua memiliki fitur CSD sehingga transfer data lebih cepat sekita 14,4 Kbps.
-2,5G
    GPRS (The General Packet Radio Service) atau 2,5G muncul pada tahun 1997 dengan sigap menggantikan CSD yang boros. Secara teori kecepatan GPRS mampu mencapai 100 Kbps.
-3G
   Pertama kali muncul pada tahun 2001. CDMA2000 dan UMTS pada GSM merupakan cikal bakal generasi ketiga (3G) tetapi bukan berarti GPRS telah mati. Justru saat itu mncul EDGE (Enchance Data-rates for GSM Evolution). EDGE memiliki kecepatan dua kali lebih cepat daripada GPRS.
-3,5G
   HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) sering disebut dengan generasi 3,5G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA 480 Kbps.
-4G
   Generasi keempat atau 4G pertama kali dimulai pada tahun 2011. 4G dihadirkan untuk menyediakan jaringan internet dengan kecepatan tinggi, kualitas tinggi, dan kapasitas tinggi kepada pengguna namun tetap menjaga tingkat keamanan, menurunkan biaya layanan suara dan data, multimedia dan internet melalui IP. Kecepatan maksimal 4G adalah 100 Mbps atau 1 Gbps.
-5G
   Generasi kelima atau 5G adalah. generasi berikutnya yang menawarkan kecepatan yang lebih dan koneksi yang jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya. Kecepatan maksimal yang diperkirakan mencapai 35,46 Gbps.

Jenis jaringan seluler
-GSM (Global System for Mobile Communication)
    Contohnya Telkomsel, XL, Indosat, Axis, 3
-CDMA (Code Division Multiple Access)
    Contohnya Flexi, Ceria, Smartfren, Esia


IP Address
   IP Address (Internet Protocol Address) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer. Angka 32 bit digunakan untuk alamat ip address versi IPv4 dan angka bit 128 digunakan untuk alamat ip address versi IPv6.


Komunikasi Data
   Komunikasi data adalah pertukaran data antara dua atau lebih perangkat melalui media transmisi. Di dalam komunikasi data, data dikirimkan dalam bentuk bilangan biner yaitu angka 0 dan 1.


Satuan Ukuran Data Komputer
  -1 Byte (B) = 8 bits (8 digit kode biner)
  -1 Kilobyte (KB) = 1000 B
  -1 Megabyte (MB) = 1000 KB
  -1 Gigabyte (GB) = 1000 MB
  -1 Terabyte (TB) = 1000 GB
  -1 Petabyte (PB) =  1000 TB
  -1 Exabyte (EB) = 1000 PB


ASCII
ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah standar internasional dalam kode huruf dan simbol, bersifat universal dan hanya bisa dimengerti oleh komputer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar